Entri Populer

Kamis, 13 Oktober 2011

Fakultas Kedokteran Gigi UGM

Profil

FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI
Fakultas Kedokteran Gigi UGM memiliki alumni yang tersebar di seluruh penjuru tanah air pada berbagai bidang profesi, baik sebagai pengajar maupun peneliti di berbagai perguruan tinggi atau lembaga penelitian, maupun sebagai staf di berbagai instansi pemerintah, industri milik pemerintah dan swasta serta jabatan penting lainnya. Hal tersebut membuktikan bahwa Fakultas Kedokteran Gigi UGM telah menghasilkan sarjana kedokteran gigi maupun dokter gigi yang mampu berperan di masyarakat. Keberhasilan tersebut tentu berkat kerja keras seluruh staf di fakultas ini. Sadar bahwa proses pendidikan merupakan proses yang dinamis maka Fakultas Kedokteran Gigi UGM senantiasa meningkatkan diri dengan melibatkan berbagai unsur serta sarana, antara lain visi, misi, dan sarana pendidikan, kurikulum dan tenaga pengajar maupun fasilitas fisik lainnya. Pada saat ini Fakultas Kedokteran Gigi UGM telah mampu menempatkan diri sebagai salah satu penyelenggara pendidikan tinggi kedokteran gigi yang terbaik di Indonesia dan memperoleh akreditasi dengan nilai A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).
FASILITAS LABORATORIUM RISET
Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada memiliki fasilitas berupa sebuah gedung induk berlantai lima dengan atrium yang lapang. Gedung ini merupakan pusat kegiatan administrasi fakultas, ruang pengurus fakultas, ruang dosen, ruang sidang, dan ruang pelayanan kesehatan gigi berupa satu Rumah Sakit Gigi dan Mulut Prof. Soedomo. Rumah sakit ini dilengkapi dengan tempat pendaftaran pasien, ruang tunggu pasien, poliklinik untuk perawatan dan pengobatan gigi, ruang laboratorium, unit radiologi, dan kantin. Selain gedung induk, Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada dilengkapi juga dengan satu gedung berlantai tiga dan satu gedung berlantai dua untuk pelaksanaan kegiatan perkuliahan, serta beberapa gedung berlantai satu untuk tempat praktikum preklinik dan perpustakaan. Kesemuanya terletak dalam satu kompleks dengan halaman tengah untuk taman dan dilengkapi tempat parkir yang cukup luas.
RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT

 
Visi dan MisiPDFPrintE-mail
VISI, MISI, DAN TUJUAN FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI UGM

Visi

    Menjadi fakultas riset kelas dunia yang unggul, mandiri, bermartabat, dengan dijiwai Pancasila mengabdi kepada kepentingan masyarakat di bidang kesehatan gigi dan mulut.

Misi

  1. Misi Umum
  2. Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi serta pelayanan kesehatan gigi dan mulut berbasis riset kepada masyarakat.
  3. Misi Khusus
    1. Meningkatkan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang terkemuka di tingkat regional dan internasional, beridentitas kerakyatan serta membangun budaya sehat Indonesia, khususnya kesehatan gigi dan mulut.
    2. Menyelenggarakan pelayanan kesehatan gigi dan mulut berkualitas serta menjadi pusat rujukan yang mampu bersaing di tingkat regional.
    3. Menuntaskan transisi fakultas untuk menjadi institusi pendidikan yang mendukung misi universitas dan mempunyai tata kelola yang baik (good faculty governance).
Tujuan
  1. Menjadi fakultas riset kelas dunia yang beridentitas kerakyatan dan berakar pada sosio-budaya Indonesia.
  2. Menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi sesuai dengan standar pendidikan akademik dan profesi.
  3. Menjadi fakultas yang memberikan pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang berkualitas, efektif dan efisien melalui RSGMP.
  4. Menjadi fakultas yang mandiri dan bertata kelola baik (good faculty governance).
 

1 komentar: