Entri Populer

Kamis, 13 Oktober 2011

Fakultas Geofisika ITB

Selayang Pandang
Program Teknik Geofisika didirkan sebagai jawaban atas suatu proses perkembangan teknologi dan tuntutan kebutuhan masyarakat akan sumber daya alam.
Kegiatan-kegiatan yang secara umum dilakukan dalam bidang Teknik Geofisika, yaitu mengkuantifikasi proses alam, emalakukan pengukuran parameter alam, pemrosesan data, serta menginterpretasikan data yang telah diproses tersebut kedalam bahasa kebumian. Disamping itu Teknik Geofisika juga mempelajari gempa bumi dan mitigasi bencana kebumian manusia, sedangkan pendekatannya bersifat kerekayasaan.
Saat ini Program Studi Teknik Geofisika memiliki 25 orang staf pengajar dan 9 orang karyawan, dengan jumlah mahasiswa yanf diterima 75 orang setiap tahun. Mayoritas dari lulusan Teknik Geofisika bekerja di bidang perminyakan, sebagian menjadi pegawai negeri baik sebagai tenaga peneliti, staf pengajar atau staf di lingkungan pemerintah daerah. Beberapa diantaranya juga ada yang menggeluti profesi sebagai wiraswasta, tenaga ahli dibidang pertambangan serta teknologi informasi.

VISI

  1. Menjadikan Departemen Teknik Geofisika sebagai lembaga pendidikan tinggi, pusat penelitian dan pengembangan yang innovatif, serta berkewirausahaan di bidang Teknik Geofisika.
  2. Menjadikan Departemen Teknik Geofisika sebagai institut pendidikan tinggi kelas dunia di bidang Teknik Geofisika yang sangat kompetitif melalui beberapa tahap, yaitu : tahap pertama di ASEAN, tahap ke dua di Asia Pasifik, dan tahap akhir di Dunia.
  3. Menghasilkan lulusan di bidang Teknik Geofisika yang berkualitas, yang mampu mengikuti setiap perubahan dan perkembangan, serta mamapu berkompetisi di tingkat nasional dan internasional.

Misi

  1. Mampu memberikan jasa pendidikan, penelitian dan pengabdian di bidang Teknik Geofisika kepada masyarakat, dengan mutu peringkat satu di tingkat nasional dan internasional.
  2. Mampu dan mendukung dunia pemerintahan, dunia akademik, dunia usaha dan masyarakat INdonesia untuk menang dalam persaingan internasional di bidang Teknologi Geofisika.
  3. Turut membangun masyarakat industri dan informasi Indonesia di bidang Teknologi geofisika yang tangguh

Laboratorium

  1. Geofisika Eksplorasi dan Dinamika Kerak Bumi
  2. geofisika Reservoir dan Komputasi
  3. Geofisika Rekayasa
  4. Seismologi
  5. Geofisika Dekat Permukaan 

Fasilitas

  1. Ruang seminar (termasuk OHP / infocus ), laboratorium, jaringan internet, ruang himpunan mahasiswa, mushola, dll.
  2. Peralatan laboratorium dan lapangan geofisika seperti Resisvity-meter, Gravimeter, Proton Magnetometer, Altimeter, Borehelo Logger, Borehelo Pick, instrumental seismik, IP, SP,GPR, VLF, GPS, pemodelan fisik seismik, dll.
  3. Komputer dan software yang berkaitan dengan bidang teknik geofisika.
  4. Perpustakaan Departemen dan Perpustakaan Pusat ITB

Penelitian & Kerjasama

  1. Bidang Gofisika Reservoar
  2. Bidang Geothermal
  3. Bidang Eksplorasi Minyak dan Mineral
  4. Bidang Pengembangan Wilayah dan Lingkungan
  5. Bidang Geoteknik dan Bencana Alam
Sekilas tentang geofisika ITB, semoga bermanfaat ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar